Dukung ITKK Sekadau, Kadisdik Sekadau Paparkan Kondisi Pendidikan di Sekadau Saat Ini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU – Kadis Pendidikan Kabupaten Sekadau, Losianus mengatakan pendidikan menjadi bagian penting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sekadau.

Hal itu disampaikan Losianus saat menjadi pemateri dalam Webinar bertajuk Peranan Pendidikan Dalam Meningkatkan IPM Kabupaten Sekadau yang diselenggarakan Institut Keling Kumang Sekadau dan ISKA Kabupaten Sekadau.

Losianus memaparkan saat ini untuk data Sekolah di Kabupaten Sekadau untuk di tingkat PAUD memiliki 166 sekolah dengan 4172 siswa dan 243 guru PNS.

Untuk di tingkat Sekolah Dasar (SD), Kabupaten Sekadau memiliki 237 sekolah, 24302 siswa dan 1335 guru PNS.

Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kabupaten Sekadau memiliki 63 sekolah, 20.601 siswa dan 600 guru.

Sementara untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki 21 sekolah, 5585 siswa dan 277 guru PNS.

Baca juga: KPU Sekadau Akan Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Terpilih Besok

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki 6 sekolah, 3257 siswa, dan 141 guru PNS.

Losianus mengatakan dengan adanya Institut Keling Kumang (ITKK) Sekadau tentu akan meningkatkan IPM di Kabupaten Sekadau, khususnya di bidang Pendidikan.

“Dengan lulusan SMA/SMK di Sekadau yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi maka akan menjadi penyumbang IPM di Kabupaten Sekadau,” kata Losianus.

Lebih lanjut, Losianus mengatakan untuk IPM Kabupaten Sekadau saat ini adalah 64,76 persen, angka tersebut naik 0,65 persen dari tahun sebelumnya, namun berada pada peringkat 13 se-kalimantan Barat.
Dengan komponen IPM 2020, untuk Harapan lama sekolah, 11,88 tahun. Rata-rata lama sekolah, 6,88 tahun. Angka harapan hidup saat lahir, 71,84 tahun. Pengeluaran Per-kapita, 7,4.

“Rata-rata kita di Sekadau, ini tingkat pendidikan hanya sampai jenjang SMP. Kita memang mendongkrak nya (IPM) harus dari jumlah anak yang sekolah.
Dengan adanya ITKK, harapan kita, rata-rata lama sekolah itu akan naik. Apalagi jika bisa mencapai ribuan mahasiswa,” ungkap Losianus.

Dikatakannya, selama ini IPM di bidang pendidikan juga dibantu dengan adanya SMK Keling Kumang dan SMK Amaliyah.

Adapun beberapa langkah yang dilakukan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan IPM di Kabupaten Sekadau saat ini adalah dengan mendukung penuh keberadaan ITKK Sekadau.

“Kita mendorong banyak orang untuk kuliah di ITKK, mendukung sepenuhnya ITKK. Contohnya membantu fasilitasi, rekomendasi, izin tempat belajarnya, ataupun hibah. Kita juga sedang mengusulkan agar di Sekadau ada SMA percontohan,” jelas Losianus.

Selain itu pihaknya juga sedang membenahi PAUD di setiap desa.

“Kita juga sudah menyurati semua desa untuk membuka PKBM. Agar tidak putus sekolah, karena berpengaruh pada lama harapan sekolah dan rata-rata lama sekolah,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Dukung ITKK Sekadau, Kadisdik Sekadau Paparkan Kondisi Pendidikan di Sekadau Saat Ini, https://pontianak.tribunnews.com/2021/06/03/dukung-itkk-sekadau-kadisdik-sekadau-paparkan-kondisi-pendidikan-di-sekadau-saat-ini.
Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Rivaldi Ade Musliadi

Leave a Reply